Seberapa Efektif Penggunaan Model Pembelajaran Scientific dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1248Keywords:
Praktikum IPA, Pembelajaran IPA, Pembelajaran ScientificAbstract
Artikel ini bermaksud menguraikan seberapa efektif penggunaan model pembelajaran scientific dalam praktikum ilmu pengetahuan alam pada sisiwa sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Penggunaan Model Scientific dalam Praktikum Ilmu IPA menawarkan pendekatan struktural dan metodologis yang bertujuan meningkatkan pemahaman konseptual siswa melalui eksplorasi dan pemecahan masalah. Dalam model ini, siswa diberi kesempatan untuk melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk mengalami konsep sains secara langsung melalui eksperimen, observasi, dan refleksi. Meskipun menjanjikan, penggunaan model ini juga menimbulkan beberapa tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kebutuhan akan pelatihan guru yang mendalam, dan relevansi model untuk berbagai latar belakang dan minat siswa. Secara keseluruhan, penggunaan Model Scientific dalam praktikum IPA menekankan pentingnya pendekatan berbasis penelitian dan refleksi kritis untuk mencapai pemahaman sains yang mendalam dan berkelanjutan
References
Ginting, S. (2019). Pengembangan Media Video Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Topik Klasifikasi Zat dan Perubahannya di Kelas VII SMP. digilib.unimed.ac.id. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38940
Meryastiti, V., Rasyid Ridlo, Z., & Supeno. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20–29. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF
Muntari, I., Kadaritna, N., & Sofia, E. (2017). Efektivitas LKS Pendekatan Saintifik Laju Reaksi dalam Meningkatkan KPS Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 212–226. http://repository.lppm.unila.ac.id/6001/
Passmore, C., Gouvea, J. S., & Giere, R. (2013). Models in science and in learning science: Focusing scientific practice on sense-making. … in History, Philosophy and Science …. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7654-8_36
Purba, R., Asyhar, R., & Rusdi, M. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) IPA Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Listrik Dinamis Kelas IX SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3391
Putra, R. A., & Hanggara, A. (2019). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada kelas X SMAN 1 Baregbeg). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 44–50. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1618
Retnawati, H., & Hidayati, A. U. (2018). Keefektifan pendekatan PBL dan pendekatan saintifik ditinjau dari HOTS dan karakter. In Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (Vol. 6, Issue 1, pp. 70–82). download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1508125&val=447&title=Keefektifan pendekatan PBL dan pendekatan saintifik ditinjau dari HOTS dan karakter
Setiawan, A. R. (2019a). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Setiawan, A. R. (2019b). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(23), 1–8.
Van Yip, D., Chiu, M. M., & Ho, E. S. C. (2004). Hong Kong student achievement in OECD-PISA study: Gender differences in science content, literacy skills, and test item formats. International Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 71–86. https://doi.org/10.1023/b:ijma.0000026537.85199.36
Vassileva, R. I. (2018). Cognitive problems for developing students’ scientific literacy in their physics education. In Bulgarian Chemical Communications (Vol. 50, Issue Special Issue B, pp. 72–74). https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85054769515
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 58–66. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Yolanda, N. Y. N., & ... (2017). LKS Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan KPS Konsep Laju Reaksi Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan …. http://repository.lppm.unila.ac.id/6001/