Kontribusi Guru dalam Efektifitas Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1249Keywords:
Efektifitas Praktikum, Kontribusi Guru, Praktikum IPAAbstract
Artikel ini bermaksud menguraikan kontribusi guru dalam efektifitas pelaksanaan praktikum ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Penggunaan Model Scientific dalam Praktikum IPA menawarkan pendekatan struktural dan metodologis yang bertujuan meningkatkan pemahaman konseptual siswa melalui eksplorasi dan pemecahan masalah. Dalam model ini, siswa diberi kesempatan untuk melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk mengalami konsep sains secara langsung melalui eksperimen, observasi, dan refleksi. Meskipun menjanjikan, penggunaan model ini juga menimbulkan beberapa tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kebutuhan akan pelatihan guru yang mendalam, dan relevansi model untuk berbagai latar belakang dan minat siswa. Secara keseluruhan, penggunaan kontribusi guru dalam efektifitas pelaksanaan praktikum ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah yang menekankan pentingnya pendekatan berbasis penelitian dan refleksi kritis untuk mencapai pemahaman sains yang mendalam dan berkelanjutan.
References
Astuti, T. (2015). Manajemen Praktikum Pembelajaran Ipa. Manajemen Pendidikan, 9(1), 57–64. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/1098
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ZVPZfWWGin4C&pgis=1
Fitrianawati, M., Maharani, E. A., & Pramudyani, A. V. R. (2020). Peningkatan kualitas pembelajaran aktif berbasis HOTS bagi guru di Kecamatan Tempel di era pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 625–630, 625–630. https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/Pengabdian/45.Raymond_Nanik_Pengabdian_Ekonomi_dan_bisnis.pdf
Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy, F. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p051
Rabiudin. (2023a). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/
Rabiudin, R. (2023b). PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS POST MODERN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1760–1771.
Rabiudin, R., & Katmas, E. (2021). Pembimbingan Tes Intelegensi Umum Calon Pegawai Negeri Sipil di Kota Sorong. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–90.
Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13.
Ramli, M., & Rabiudin, R. (2023). MENINGKATKAN KINERJA KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA SORONG MELALUI METODE SELF ASSESSMENT. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 50–57.
Razak, A., Santosa, T. A., Lufri, & Zulyusri. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Lesson Study Siswa pada Materi Ekologi dan Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 79–87.
Selamet, K., Subagia, I. W., & Sudiatmika, A. (2021). Pelatihan praktikum IPA sederhana pada pembelajaran IPA di masa pandemi covid-19. In Proceeding Senadimas Undiksha.
Seman, S. C., Yusoff, W. M. W., & Embong, R. (2017). Teachers Challenges in Teaching and Learning for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Primary School. International Journal of Asian Social Science, 7(7), 534–545. https://doi.org/10.18488/journal.1.2017.77.534.545