Sintesis Permasalah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Dasar di Papua Barat
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1250Keywords:
Permasalahan Belajar, Pembelajaran IPA, Tantangan GuruAbstract
Penulisan artikel ini dimaksudkan memberikan gambaran dan informasi kepada masyarakat tentang tantangan dan masalah yang dihadapi guru sekolah dasar di Papua Barat dalam mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk mendapatkan data penelitian ini, digunakan metode kualitatif eksploratif dengan menggunakan wawancara mendalam pada 23 guru sekolah dasar pada 6 sekolah dasar. Temuan riset ini mengungkapkan tantangan guru dalam mengajar di Sekolah Dasar di Papua Barat meliputi 1). akses sekolah yang sulit meliputi akses jalan maupun jarak antara sekolah dengan pusat perkotaan yang cukup jauh yang menurunkan minat guru untuk mengajar di pedalaman sekaligus menjadi masalah bagi guru untuk mendapatkan suplai sembako yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. 2). Kegiatan pelatihan atau penguatan kompetensi guru berkaitan dengan kemampuan mengajar belum diperhatikan secara khusus oleh pemerintah daerah sehingga guru mengajar apa adanya sesuai dengan pengetahuan yang ia miliki. 3). tantangan berikutnya adalah pemenuhan sarana belajar yang masih terabaikan diantaranya fasilitas ruang kelas dan media pembelajaran yang belum terpenuhi. 4). Dukungan orang tua terhadap murid untuk melanjutkan pendidikan masih sangat kurang sebab anak masih diabaikan mengenai aktivitasnya di sekolah, juga label orang tua terhadap sekolah yang dianggap sebagai ruang perbaikan pengetahuan dan moral anak sehingga pusat pendidikan anak diletakkan di sekolah.
References
Afifi, E. H. N., Rabiudin, R., & Komayanti, K. (2022). Evaluasi Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah Kota Sorong Melalui Lesson Study. Jurnal Basicedu, 6(3), 4331–4340.
Heronimus Delu Pingge, M. P. (2020). Mengajar dan Belajar Menjadi Guru SD. Penerbit Lakeisha.
Jakaria, Y. (2014). Analisis Kelayakan dan Kesesuaian antara Latar Belakang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan Mata Pelajaran yang Diampu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 499–514. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.162
Johar, R., & Hanum, L. (2019). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. In Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Syiah Kuala University Press. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.208
Maharani, K., Effendi, M. M., & Nurjaman, A. (2020). Analisis Tingkat Ketercapaian Angka Partisipasi Sekolah Di Papua (Studi Kasus Di Kabupaten Merauke). In Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 7, Issue 2). University Of Muhammadiyah Malang. https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i2.12046
Rabiudin, R., Ituga, A. S., & Rahmadana, A. (2022). Analisis Kausalitas Kemampuan Kognitif Siswa Papua dalam Belajar Sains. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 138–147.
Rabiudin, R., Oki, S. A., Erwinestri, H. N. A., & Arini, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88–102.
Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13.
Sari, D. K. (2021). Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di …. repository.uniyap.ac.id. http://repository.uniyap.ac.id/id/eprint/117
Sutrisno, T. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar (The Art Of Basic Teaching) (Vol. 121). Duta Media Publishing.
Uswanas, M., Keban, Y. T., Hadna, A. H., & Kutanegara, P. M. (2019). Kinerja Pendidikan Dasar Setelah Sembilan Tahun Otonomi Asimetris di Provinsi Papua Barat. Populasi, 26(2), 61. https://doi.org/10.22146/jp.44150
Werang, B. R., & Irianto, O. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Di Distrik Mindiptana, Papua. In Musamus Journal of Primary Education (pp. 013–023). https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.867