Strategi Assesmen Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam di Laboratorium
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1251Keywords:
Assesmen, Praktikum IPA, Pembelajaran IPAAbstract
Artikel ini bermaksud menguraikan stratgey assesmen metode praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Strategi asesmen kegiatan praktikum ilmu pengetahuan alam di laboratorium merupakan pendekatan sistematis untuk mengukur pemahaman, keterampilan, dan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep ilmiah dalam situasi praktis. Pertama-tama, penyusunan tujuan praktikum yang jelas dan spesifik menjadi kunci utama dalam menentukan asesmen yang tepat. Setiap tujuan harus mencakup kompetensi atau keterampilan yang ingin dicapai oleh siswa, baik itu pemahaman konsep, keterampilan prosedural, maupun sikap saintifik. Selanjutnya, dalam pelaksanaannya, asesmen formatif dapat dilakukan secara berkala selama praktikum berlangsung, di mana guru atau instruktur laboratorium dapat memberikan feedback langsung kepada siswa mengenai kinerja mereka. Setelah praktikum selesai, asesmen sumatif dapat dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian keseluruhan siswa. Ini mungkin melibatkan ujian tertulis, presentasi, atau proyek berbasis kelompok yang memungkinkan siswa menunjukkan pemahaman mendalam mereka terhadap materi praktikum.
References
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dalam Pembelajaran Ipa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) / Sekolah Dasar (Sd). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110
Atkin, M. (2003). Everyday Assesment In The Science Classroom (J. Andrew Cocke (ed.)). David Beacom Publisher.
Atkin, M. (2005). Design Everyday Assesment In The Science Classroom. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 16).
Dudung, A. (2018). Penilaian Psikomotor. K a R I M A, 1–220.
Espinosa, L. M., & Magruder, E. S. (2015). Practical and proven strategies for teaching young dual language learners. In Getting it RIGHT for young children from diverse backgrounds: Applying research to improve practice with a focus on dual language learners, (pp. 76–113). earlychildhoodwebinars.com. https://www.buildinitiative.org/Portals/0/Uploads/Documents/Practical and Proven Strategies for Teaching Young Dual Language Learners.pdf
Iliyani, S. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS NHT DI KELAS VIII SMPN 1 MANGUNJAYA. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research. http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/81
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Malik, A., Setiawan, A., & Suhandi, A. (2018). Model Higher Order Thinking Laboratory (HOT-LAB). digilib.uinsgd.ac.id. http://digilib.uinsgd.ac.id/14967/1/HKI-Modul.pdf
Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/
Rabiudin, Taruh, E., & Mursalin. (2018). Development of Authentic Affective Assessment Instrument in High School Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012201
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069