Kemampuan Akuisisi Pengetahuan Rangkaian Listrik Melalui Praktikum menggunakan Tuntunan Video Tutorial Pada Siswa Kelas VI SD Islam Guppi Kota Sorong

Authors

  • Mardin La Ode Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Rabiudin Rabiudin Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Hartina Hartina Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/search.v2i1.1301

Keywords:

Akuisisi Pengetahuan;, Praktikum IPA, Video Tutorial;

Abstract

Penelitian ini ini dimaksudkan untuk menganalisis kemampuan akusisi pengetahuan praktek siswa melalui penggunaan media pembelajaran buku pedoman praktikum dan video tutorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif denganteknik pengumupulan data menggunakan lembar observasi kegiatan praktikum. Dengan teknik analisis data menggunakan uji t sebagai metode uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan kemampuan akuisisi pengetahuan siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Fakta ini menunjukan peran krusial media pembelajaran dalam memberikan kontribusi dalam penguatan wawasan siswa. Siswa cenderung menunjukan kemampuan akuisisi pengetahuan yang lebih baik ketika menggunakan video tutorial praktikum. Sedangkan media modul praktikum kurang mendukung dalam menuntun pengetahuan praktik siswa. Hal pokok yang menjadi penyebab perbedaan ini adalah terletak pada kemampuan video tutorial dalam menjelaskan prosedur praktikum secara utuh dengan bahasa yang lebih sederhana. Sehingga siswa hanya mengikuti tahapan kinerja dalam video menjadi keterampilan praktik. Sementara saat menggunakan modul praktikum, siswa kesulitan dalam memahami dan mengartikulasi kalimat dan kata yang menerangkan tahapan dan prosedur praktikum.  Kekeliruan dalam analisis makna kata dan kalimat dan modul praktikum menjadi hambatan siswa untuk melakukan praktikum secara tuntas dan tepat sasaran.

References

Gomathi, V., Sumanth, G. S., Charansai, G., & Charan, G. (2023). Traffic congestion control by monitor illegal parking and enabling intimation. Journal of Physics: Conference Series, 2484(1), 12047.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Kurniasari, A. D., Prakoso, B. B., & Utomo, W. P. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek dengan Menggunakan Permainan dan Media Pembelajaran. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(2), 134–147.

Pondoki, P. H., Warouw, Z. W. M., & Rungkat, J. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBASIS STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TONDANO. SOSCIED, 6(1), 154–171.

Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13.

Ravilla, T. D., Rahma, R., & Novianti, N. (2023). Pengembangan Video Learning Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Renderforest Pada Materi Pythagoras. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sabil, Q. M., Wadi, H., & Suud, S. (2023). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Berbantuan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 82–87.

ŞANAL, S. Ö. (2023). Context-Based Learning in Turkish Idioms Learning by International University Students. Bartın University Journal of Faculty of Education, 12(3), 515–529.

Studi, P., Pendidikan, S., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., & Negeri, U. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODUL MYOB BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN VIDEO TUTORIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BUDURAN Abstrak. 298–302.

Yahya, S. A. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Akuisisi Pengetahuan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1), 1–23.

Zailani, R., & Kurniasari, F. (2022). Diseminasi Pengetahuan Sebagai Variabel Pemediasi Antara Akuisisi Pengetahuan Dengan Kemampuan Inovasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(2), 162–174.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

La Ode, M., Rabiudin, R., & Hartina, H. (2023). Kemampuan Akuisisi Pengetahuan Rangkaian Listrik Melalui Praktikum menggunakan Tuntunan Video Tutorial Pada Siswa Kelas VI SD Islam Guppi Kota Sorong. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.47945/search.v2i1.1301