Hubungan Minat Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terhadap Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran dalam Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v3i1.1468Keywords:
Augmented Reality, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembelajaran IPA, Teknologi Pendidikan, Minat MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terhadap penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dan kaitanannya dengan pemahaman konsep IPA mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 25 mahasiswa semester 6 di Institut Agama Islam Negeri Sorong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara minat penggunaan AR dengan nilai IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (96%) belum memiliki pengalaman dalam menggunakan teknologi AR. Meskipun demikian, minat mahasiswa dalam menggunakan AR sangat tinggi. Analisis korelasi menghasilan koefisien -0,23825, menunjukkan korelasi negative. Hal ini berarti tidak ada hunbunagan yang signifikan terhadap minat penggunaan teknologi AR dengan nilai IPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, meskipun tidak ada korelasi yang signifikan terhadap penggunaan teknologi AR dengan nilai IPA, teknologi ini mungkin memiliki keuntungan yang lain yang tidak tercermin dalam nilai pemahaman IPA.
References
ARICI, F. (2023). The Effect of Augmented Reality Technology on Environmental Thinking, Environmental Behavior and Attitude toward Environment Variables in Science Lesson. Iğdır Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 191–207.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47–57.
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Al Ghifari. Media Abdimas, 3(2), 82–86.
Dilmen, I., & Atalay, N. (2021). The Effect of the Augmented Reality Applications in Science Class on Students’ 21st Century Skills and Basic Skills. Journal of Science Learning, 4(4), 337–346.
Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.
Indriani, R., & Abidin, Z. (2022). Literature Review : Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 139–148.
Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2016). Practical Research: Planning and Design. In Global Edition (Vol. 11).
Nazilah, S., & Ramdhan, F. S. (2021). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Ikra-Ith Informatika, 5(2), 99–107.
Riana, L. (2022). Desain Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd/Mi. Desain Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd/Mi.
Setyawan, B. R. A. N. F. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD Augmented. Kwangsan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.
Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 70–75.
Wijayanto, S. A. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 9(2), 172.
Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2023). Systematic Literature Review : Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2023, 163–177.
Yulianto, B. D., Dijaya, R., & Rosid, M. A. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran IPA Untuk MI Berbasis Augmented Reality. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2), 278–287.