Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media Dan Bahan Pratikum Sains Di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium

Authors

  • Leha Arya Arvianti Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Erwinestri Hanidar Nur Afifi Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Karmin Keliata Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1469

Keywords:

Inisiatif guru, fasilitas laboratorium, pratikum, media, bahan praktikum sains

Abstract

Inisiatif guru jika dihadapkan dengan keterbatasan fasilitas laboratorium mengunakan bahan-bahan sederhana yang ditemukan disekitar sekolah seperti memanfaatkan ruang kelas, peralatan sederhana, atau bantuan dari kolega atau komunitas lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk memahami secara mendalam inisiatif guru sekolah dasar dalam menyediakan media dan bahan praktikum sains di tengah keterbatasan fasilitas laboratorium. Populasi penelitian ini adalah tujuh guru sekolah dasar yang mengajar mata pelajaran sains. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian dapat mencakup panduan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data yang relevan, seperti jenis inisiatif guru menggunakan media dan bahan pratikum yang diambil, kendala yang dihadapi oleh guru, dan hal-hal yang digunakan guru dalam proses pratikum sains/solusi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 guru yang menggunakan alat peraga sederhana dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, 2 guru yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran, 1 guru yang memanfaatkan laboratorium unversitas dan 1 guru menggunakan fasilitas yang dapat menanamkan konsep pemahaman peserta didik. Adapun solusi yang dapat digunakan seperti memanfaatkan internet dan menggunakan bahan alam yang seadanya.

References

Akinbobola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Constructivist practices through guided discovery approach: The effect on students’ cognitive achievement in Nigerian senior secondary school physics. International Journal of Physics & Chemistry Education, 2(1), 16–25.

DayaHiti, A., Salawati, T., & Istiana, S. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dan Keterampilan Melakukan Sadari. Jurnal Kebidanan, 1(1), 1–8.

Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020). Deskripsi Pengetahuan Awal Alat Praktikum Materi Koloid Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 14–25.

Fajrin, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 1 Trusmi Kulon. Skripsi (Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Sultan Agung 2023), 6.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains.

Irdalisa, I., Amirullah, G., Yarza, H. N., Fuadi, T. M., & Elvianasti, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA. Surya Abdimas, 5(4), 427–433. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i4.1352

Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(1).

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Di Madrasah. Jornal Elementary, 4(1), 167–187.

Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2), 47.

Menurut Ensiklopedia Online Gunadharma.pdf. (n.d.).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1992: 1298), laboratorium adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk penelitian ilmiah, eksperimen dan tes. Laboratorium tidak hanya termasuk di dalamnya gedung atau ruang dan peralatannya saja. (1992). 1992.

Nuai, A., & Nurkamiden, S. (2022). Urgensi Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama. Science Education Research (Search) Journal, 48–63.

Patta Bundu, Rahmawati Patta, Erma Suryani S, Latri, dan M. A. (2022). Pelatihan Praktikum Kerja Ilmiah Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 125.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Sari, P. M., & Zulfadewina, Z. (2020). Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Praktikum Ipa Sd. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 94–98. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17334

Setiawati, E., Sopyan, T., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium Ipa Dan Alternatif Praktikum Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Ciamis, sis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Vol., 2(3), 229–236.

Sunardi, O., & Suchyadi, Y. (2020). Praktikum Sebagai Media Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasr (JPPGuseda), 03(September), 124–127.

Suryaningsih, Y., Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 74–82.

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19 I Made Ari Winangun. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar , 2(1), 11–20.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media Dan Bahan Pratikum Sains Di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 102–114. https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1469

Issue

Section

Articles