Membuat Pembelajaran Kimia Lebih Menyenangkan: Kiat dan Inovasi di Ruang Kelas

Authors

  • Jakub Saddam akbar Universitas Negeri Manado
  • Djakariah Djakariah Universitas Negeri Cendana

DOI:

https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1333

Abstract

Pembelajaran kimia yang menyenangkan dan menarik memiliki peran krusial dalam meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia. Kajian literatur ini mengeksplorasi kiat dan inovasi yang dapat diterapkan di ruang kelas untuk menciptakan pengalaman belajar kimia yang lebih mengasyikkan. Melalui analisis mendalam terhadap literatur-literatur yang relevan, kajian ini mengungkap beragam strategi yang meliputi penggunaan teknologi dalam pengajaran, eksperimen praktis yang melibatkan interaksi langsung siswa, penggunaan permainan serta aktivitas interaktif, dan penyesuaian kurikulum yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pembelajaran yang berfokus pada siswa, interaktif, dan aplikatif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran kimia yang lebih dinamis dan menyenangkan.

References

Akbar, J. S., Dasna, I. W., & Wonorahardjo, S. (2019). The Effect Of Guided Inquiry-Based Practicum Learning And Prior Knowledge On Learning Outcomes And Science Process Skills Of High School Students On Solubility And Solubility Products. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 80-84.

Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Inkuiri Untuk Menguatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru. Oxygenius Journal Of Chemistry Education,5(1), 46-53.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Birisci, S., & Kul, U. (2019). Predictors Of Technology Integration Self-Efficacy Beliefs Of Preservice Teachers. Contemporary Educational Technology, 10(1), 75–93.

Effendy. (2016). Ilmu Kimia Untuk Siswa SMA Dan MA. Malang: Academic Publishing Indonesian.

H. Kurniawan et al., (2023).Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara Membuat Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Holbrook, J. (2005). Making Chemistry Teaching Relevant. Chemical Education International, Vol. 6(1), pp. 1-12.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 60-70.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., Waliulu, H., Hasanah, N., Maruddani, R. T. J., & Suroso, S. (2023). Perkembangan Peserta Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Priest, S. 2013. “Critical Science Literacy: What Citizens and Journalists Need to Know to Make Sense of Science”. Bulletin of Science, Technology & Society, Vol. 33(5–6), pp. 138–145.

Ramli, Akhmad, Rahmadani Putri, Eliza Trimadona, Ayuliamita Abadi, Yolla Ramadani, Andi Muh Akbar Saputra, Pebrina Pirmani, Nurhasanah Nurhasanah, Iin Nirwana, and Khotimah Mahmudah. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): A Systematic Review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186-210.

Sevian, H., Dori, Y. J., & Parchmann, I. (2018). How Does STEM Context-Based Learning Work: What We Know And What We Still Do Not Know. International Journal of Science Education. Vol. 40(10), pp. 1095–1107.

Stojanovska, M. (2014). “Study of the use of the three levels of thinking and representation”. Vol. 35(1), pp. 37–46.

Thummathong, R., & Thathong, K. (2018). Chemical Literacy Levels Of Engineering Students In Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, Vol. 39(3), pp. 478-487.

Downloads

Published

2024-04-14

How to Cite

akbar, J. S., & Djakariah, D. (2024). Membuat Pembelajaran Kimia Lebih Menyenangkan: Kiat dan Inovasi di Ruang Kelas. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1333

Issue

Section

Articles