Efektifitas Pengelolaan Dana Komite dalam Upaya Dukungan Pembiayaan Pendidikan Pada MAN 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i1.398Keywords:
DANA KOMITE; PEMBIAYAAN; PENDIDIKANAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu keabsahan datanya di chek menggunakan teknik triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pembiayaan pendidikan di MAN 1 PADANG dikatakan cukup baik, itu dapat dilihat dari segi input, proses, dan outputnya. Kedua, dukungan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 PADANG, meliputi: 1) sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency): Komite MAN 1 PADANG sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya dalam setiap rencana dan program yang telah disusun oleh sekolah. 2) sebagai pendukung (supporting agency) komite sekolah sebagai badan pendukung bagi upaya peningkatan mutu pendidikan terutama pendidikan di MAN 1 PADANG, dapat berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan pikiran. Misalnya, komite ikut membantu dan menunjang sarana dan prasarana sekolah. 3) sebagai pengontrol (controlling agency) komite sekolah di MAN 1 PADANG melakukan kontrol atau pengawasan pengambilan keputusan kepala sekolah atau perencanaan pendidikan di sekolah khususnya dalam program pembiayaan. 4) sebagai mediator (executive) komite sekolah sebagai penghubung atau mediator antara pemerintah, sekolah orang tua dan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah : 1) Agar komite sekolah lebih mendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 PADANG, 2) Dukungan komite sekolah harus lebih dioptimalkan lagi, termasuk dalam mengawasi penggunaan keuangan atau transparasi penggunaan alokasi dana pendidikan agar lebih dapat dipertanggung jawabkan, 3) Komite sekolah dan pihak sekolah sendiri diharapkan dapat mencari terobosan baru yang dapat menggali dan menghasilkan dana untuk menunjang keberhasilan program peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
References
Annisah. 2007. “Peranan Komite Sekolah dalam Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Jabung Talun Blitar”. Penelitian, Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Anwar, M. . (1991). Biaya Pendidikan dan Metode Penetapan Biaya Pendidikan. Mimbar Pendidikan.
Alcaro, Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan, 2006. Visi Baru Manajemen sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dedi Supriadi. (2004). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadi, Sutrisno, 1981. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset, Jilid II. Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Moleong. Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Di Sekolah Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Rosda Karya.
Rohiat, 2008. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Roziqi, Abdul Rofiq, 2007. “ Strategi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Penelitian, Fakultas Tarbiyah dan UIN Malang.
Sugiyono, 2012 Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Dkk. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama.
Suryadi. Ace. 1992. Indikator Mutu dan Efisiensi Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia. Jakarta: Balitbang Depdikbud.