Peluang, Tantangan, dan Kontribusi Sekolah Kelas Menengah Muslim di Gorontalo

Authors

  • Djunawir Syafar IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i1.541

Keywords:

Peluang, Tantangan, kontribusi, Sekolah, Kelas Menengah Muslim.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan bagaimana peluang, tantangan, dan kontribusi sekolah kelas menengah Muslim di Gorontalo. Penelitian ini didasari pada keingintahuan mengenai kehadiran sekolah yang menawarkan kemapanan fasilitas, pelayanan, dan program sekolah yang menarik dengan biaya pendidikannya yang terbilang fantastis di tengah masyarakat Muslim yang sebagian besar pekerjaan utamanya adalah karyawan dan pegawai, sehingga pertimbangan ekonomis dan kecenderungan mencari sekolah dengan biaya yang tidak terlalu mahal adalah pilihan utama. Lokus penelitian ini di SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analitis. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan; Pertama, peluang berkembangnya SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo sebagai lanskap sekolah kelas Menengah Muslim di Gorontalo didukung oleh faktor demografis dan faktor sosial keagamaan masyarakat Gorontalo. Kedua, tantangan SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo adalah 60% siswa berasal dari luar daerah Gorontalo. Ketiga, kontribusi SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo merupakan salah satu sekolah Islam di Gorontalo yang mengintegrasikan antara keislaman dan kemodernan sebagai paradigma keilmuannya. Al-Qur’an adalah nilai dasar pembelajarannya. Kegiatan filantropi seperti bantuan untuk kegiatan sosial kemanusiaan adalah kontribusi sosialnya.      

Kata Kunci: Peluang, Tantangan, kontribusi, Sekolah, Kelas Menengah Muslim.

 

Abstract

This study described the opportunity, challenge, and contribution of Muslim middle class school in Gorontalo. This research was based on curiosity about the presence of schools that offer the establishment of attractive facilities, services, and school programs with fantastic tuition fees in the Muslim society whose most of the main jobs are employees, so that economic considerations and the tendency to look for schools with a costs that is not too expensive is the main choice. The locus of this research was Elementary School of Islam Al Azhar 43 Gorontalo. This research was an analytical descriptive qualitative research. The data of this study were obtained from observation, interviews, documentation, and also literature review. The results of this study showed; First, the opportunity to develop Elementary School of Islam Al Azhar 43 Gorontalo as a Muslim middle class school landscape in Gorontalo was supported by demographic factors and socio-religious factors of the Gorontalo society. Second, the challenge of Elementary School of Islam Al Azhar 43 Gorontalo was 60% of students who came from outside the Gorontalo area. Third, the contribution of Elementary School of Islam Al Azhar 43 Gorontalo is one of the Islamic schools in Gorontalo that integrates Islamic and modernity as a scientific paradigm. The Qur'an is the basic value of learning. Philanthropic activities such as aid for humanitarian social activities are its social contributions.

Keywords: Opportunity, Challenge, contribution, School, Muslim Middle Class.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonktif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Alam, Lukis. Sekolah Islam Elite: Integrasi Kurikulum dan Aspirasi Pendidikan Kelas Menengah Muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta, Disertasi: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.

Amin, Basri. Islam Budaya dan Lokalitas Gorontalo, Manado: Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Manado, 2012.

Asiah, Nur, Ahmad Isnaen. Inklinasi Masyarakat Muslim Kelas Menengah Terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu di Bandar Lampung , Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, UIN Raden Intan Lampung, Vol. 9, No. 2, 2018.

Azizah, Nur, Imam Machali, Pendidikan Islam dan Kelas Menengah Muslim Yogyakarta: Studi di SDIT Insan Utama Yogyakarta, Intizar: Jurnal LP2M, UIN Raden Fatah Palembang, Vol. 24, No. 1, 2018.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Indonesia dan Tantangan Globalisasi, El Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, UII Yogyakarta, Vol. IX, No. V1, 2003.

Basyit, Abdul. Madrasah dan Sekolah Islam Elit di Indonesia, Rausyan Fikir: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol. 15, No. 1, 2019.

Dahlan, Zaini. Sekolah Islam Unggulan: Antara Harapan dan Tantangan, Raudhah: UIN Sumatera Utara, Medan, Vol. 1, No. 1, 2017.

Data Resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, Rata-Rata Upah/Gaji Pekerja Formal di Provinsi Gorontalo 2019/2020, diambil pada tanggal 6 Januari 2020.

Data Resmi, Kanwil Kemenag Povinsi Gorontalo, dalam BPS Provinsi Gorontalo 2019/2020, diambil pada tanggal 8 Januari 2021.

Dikutip dari www.https://al-azhar.or.id. Diakses tanggal 7 Januari 2020.

Djam’annuri. Agama Kita: Perspektif Sejarah Agama-Agama (Sebuah Pengantar), Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta Bekerjasama dengan Lembaga Studi Filsafat Islam (LESFI), 2002.

Dokumen Sekolah, Data Pekerjaan Wali Murid SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo 2020.

Dokumen Sekolah, Profil SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo 2020.

Hasbullah, Moeflich. Teori Habitus Bourdieu dan Kehadiran Kelas Menengah Muslim Indonesia, Khazanah: Jurnal Ilmu Agama Islam, Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 3, No. 10, 2007.

Jati, Wasisto Raharjo. Memaknai Kelas Menengah Muslim sebagai Agen Perubahan Sosial Politik Indonesia, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, IAIN Ponorogo, Vol. 16, No. 1, 2016.

Kuntowijoyo. Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Shalahuddin Press, 1994.

Kurnaengsih. Konsep Sekolah Islam Terpadu: Kajian Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Universitas Wiralodra Indramayu, Vol. 1, No. 1, 2015.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2003.

Ratnasari, Laela, Agus Suradika. Membangun Reputasi Sekolah Islam di Kalangan Kelas Menengah Muslim, Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Vol. 4, No. 1, 2020.

Rencana Strategis Kementerian Agama 2020-2021, dalam www.https://adminku.kemenag.go.id. Akses tanggal 7 Januari 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Syafar, Djunawir. Pluralisme Agama dalam Pendidikan: Potret Toleransi Beda Agama di SD 46 Hulontalangi Kota Gorontalo, Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 2, No. 2, 2017.

Wawancara dengan ibu Hartati Da’aliuwa, tenaga pengajar di SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo, tanggal 7 Januari 2020.

Wawancara dengan ibu Lailany Wahab, tenaga administrasi di SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo, tanggal 7 Januari 2020.

Wawancara dengan Ibu Melisa Lukum, tenaga pengajar di SD Islam Al Azhar 43 Gorontalo, tanggal 7 Januari 2020.

Yuliyati, Erlina. Implementasi Manajemen Peserta Didik Kelas Menengah Muslim di SMP IT Bina Umat Yogyakarta, Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang, Indonesia, Vol. 6, No. 1, 2020.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Syafar, D. (2022). Peluang, Tantangan, dan Kontribusi Sekolah Kelas Menengah Muslim di Gorontalo. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(1), 88–103. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i1.541