PERAN GURU KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA INPRES 73 MALAINGKEDI KOTA SORONG
Keywords:
Pendidikan, siswa, Penyandang Disabilitas, Percaya DiriAbstract
This Special Elementary School in the city of Sorong educates its students based on the school curriculum structure (SDLB) but adapts it to the needs of children with special needs at the school. Changes in physical conditions also affect a child's sense of self-confidence, and physical or mental disabilities can cause a person to feel inferior and even embarrassed to interact with other people. This is interesting to research because this research focuses on the role of class teachers in increasing the self-confidence of people with disabilities. This research uses qualitative research in the form of actions and words from samples that were observed or interviewed directly, namely the principal, class teachers and students of the Inpres 73 Extraordinary Elementary School in Malaingkedi, Sorong City. There are various ways to increase the self-confidence of students with disabilities, things that must be instilled in students are that they must have the courage to try new positive things and always practice worship and get closer to God. This can teach students to always be grateful. about the situation they have
References
Rizky Novri, S. M. (2021). SISTEM PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KENDARI. Well-Being: Journal of Social Welfare, II, 240-247.
KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK. (2021, APRIL KAMIS). SELAMATKAN MASA DEPAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS, LINDUNGI DAN PENUHI HAK MEREKA. Retrieved JUNI SABTU, 2023, from KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3126/selamatkan-masa-depan-anak-penyandang-disabilitas-lindungi-dan-penuhi-hak-mereka
M, M. (2018). POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU YANG MELATAR BELAKANGI KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG TUBARUNGU USIA SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 PALOPO. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, 23-28.
MUKAROMAH, S. L. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PATRANG JEMBER. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAH HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER, 6-12.
Pratiwi, J. C. (2015). SEKOLAH INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS:TANGGAPAN TERHADAP TANTANGAN KEDEPANNYA. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, 237-242.
Rizky Novri, S. M. (2021). SISTEM PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KENDARI. Well-Being: Journal of Social Welfare, II, 240-247
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94.
Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. 1. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 79-91.
Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2022). MODERASI BERAGAMA: Urgensi dan Kondisi Keberagamaan di Indonesia. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 49-56.
Ahmadi, A., Hikmah, A. N., & Yudiawan, A. (2021). Ilmu dan Agama dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 12-25.
Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2021). Pembelajaran Pesantren Berbasis Luar Jaringan (Luring) Selama Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 134-143.
Hikmah, A. N., & Putr, I. D. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mental Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas 3 Sdit Mutiara Insan. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 74-81.
Chudzifah, I., Muhyiddin, M., & Hikmah, A. N. (2021). Esensi Dakwah di Era Digital dalam Menjawab Problematika Umat. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2), 275-292.
Santosa, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Di Sdit Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. AL BIDAYAH, 7(1), 63-73.
Hikmah, A. N., & Putri, F. W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sd Al-Irsyad Kota Sorong. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 51-61.
Hikmah, A. N., & Yudiawan, A. (2019). Manajemen dan Kebijakan Madrasah melalui Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Citra Publik Pendidikan. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 33-38.
Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2019). PENGEMBANGAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 3(1), 41-58.
Hikmah, A. N., & Rizky, A. F. (2021). IMPLEMENTASI PEMBINAAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SD IES AL-GHUROBA KABUPATEN SORONG TAHUN AJARAN 2020/2021. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 15-20.
Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 7(1).
Hikmah, A. N. (2021). SISTEM AMONG: FALSAFAH PENDIDIKAN ALA KI HADJAR DEWANTARA PADA MASA PEMBELAJARAN DARING. In SEMINAR NASIONAL KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA BERBASIS INTEGRASI KEILMUAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (p. 183).
Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Ambarwati, A. (2022). Quality Management of Students in Islamic Boarding Schools. Journal of Quality Assurance in Islamic Education (JQAIE), 2(2), 40-52.
Hikmah, A. N., Permatasari, I. A., & Sari, I. D. P. (2020). SIKAP MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SORONG TERHADAP PROFESI KEGURUAN. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-8
Muhyiddin, M., Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2021). Dialektika Maqasid as-Syari’ah Dalam Metode Istinbath Hukum Islam. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(1), 83-100.
Chudzaifah, I., Muhyiddin, M., & Hikmah, A. N. (2022). Konsep Ketuhanan Perspektif Ibn Arabi. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 155-170.
Hikmah, A. N. (2013). Upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sdit salsabila klaseman sinduharjo ngaglik sleman (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).
Chudzaifah, I., Nengsih, D., Hikmah, A. N., & Wahyu, E. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 101-116.
Faizah, F., & Hikmah, A. N. (2022). Jam’iyah Diba’iyah. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(2), 227-238.
Hikmah, A. N., & Sari, I. D. P. (2023). STRATEGI KEPALA MI (MADRASAH IBTIDAIYAH) DALAM MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI DISTRIK SORONG TIMUR KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2022-2023. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.
Hikmah, A. N. (2016). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Hikmah, A. N., Fauzi, N., & Nuraini, N. (2022). PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER MELALUI PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DI KELAS TINGGI MI AL-MA’ARIF 1 KABUPATEN SORONG. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1-8.
Hikmah, A. N., & Azis, S. I. P. H. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Service Quality Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 9-26.
Hikmah, A. N. Jam’iyah Diba’iyah: Sarana Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Anak.
Muhyiddin, M., Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. Konsep Ketuhanan Perspektif Ibnu Arabi.