Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbasis Permainan Ular Tangga Pada Materi Energi di Kelas IV SD Annur Yapis Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/misool.v6i2.1802Keywords:
Permainan Ular Tangga, Pelajaran IPAS, Materi EnergiAbstract
Kajian ini bertujuan sebagai pengembangan permainan ular tangga dalam mata pelajaran IPAS, khususnya materi energi di kelas IV SD Annur Yapis Kota Sorong . Dari hasil observasi dan wawancara bersama wali kelas IV didapatkan rendah nya ketertarikan siswa untuk belajar di dalam kelas, dengan adanya media ular tangga turut serta dalam peningkatan minat dan hasil belajar siswa sebanyak 17 orang siswa. Peneliti mengembangkan penelitian ini mengunakan tahapan metode Research and Developmet (R&D) pada model ASSURE. Temuan kajian ini membuktikan validasi ahli media dan materi bahwa media pembelajaran ular tangga mendapatkan rata-rata nilai validasi sebesar 92,5% (kategori sangat valid). Validator ahli media memberikan nilai 95% dan validator ahli materi memberikan nilai 90%, sehingga penerapan media tersebut dinilai layak dipakai oleh siswa. Uji coba kepraktisan media ular tangga dinilai dari angket respons guru dan respons siswa terhadap pengembangan media ular tangga dengan memperoleh persentase dari guru sebanyak 87,5% dan siswa sebanyak 96,2% yang sama-sama termasuk kedalam kategori sangat praktis, maka nilai rata-ratanya adalah 91,85%. Penilaian kepraktisan media ular tangga diambil dari hasil skor respons guru dan siswa sebanyak 91,85% atau kategori sangat praktis. Kesimpulannya yaitu media pengembangan ular tangga dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Annur Yapis Kota Sorong.
References
Aina Mulyana. (2022). Penelitian Pengembangan (Research And Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D. Pembelajaran Penelitian, January. https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-pengembangan-research-and.html#
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Bateâ, A. K., Laoli, J. D., Dohona, S., & Lase, I. W. (2023). Penerapan metode permainan untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. PROCEEDING UMSURABAYA.
Hidayat, T., Rahmawati, A., & Supriadi, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 112-127. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i2.11234
Murni, D. (2023). Persepsi Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 03 Guguak VIII Koto Terhadap Pembelajaran Matematika Menggunakan Permainan Ular Tangga. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 8(1), 78-87. https://doi.org/10.36665/theorems.v8i1.896
Nugraha, D. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Strategi dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.15294/jpi.v5i1.48236
Nurul Khakimah, & Arissona Dia Indah Sari. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 11–20. https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i2.1828
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Putri, R. A., Wibowo, S., & Hartanto, B. (2023). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 78-92. https://doi.org/10.26737/jipd.v4i2.2345
Rahman, A., Kusuma, D., & Widodo, S. (2022). Pembelajaran Aktif Berbasis Permainan: Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 23-35. https://doi.org/10.33394/jpp.v9i1.4567
Saputro, B. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran yang Praktis dan Efektif: Kajian Teoritis dan Praktis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(3), 156-169. https://doi.org/10.31004/jtp.v7i3.1234
Sari, R. A., Pratiwi, C. P., & Rulviana, V. (2024). Persepsi Siswa Kelas IV Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 311-318. : http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-5. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/index
Muhammad Subhan, DwiNovri Asmara, & Ice Yurlinda. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ULAR TANGGA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 01 KOTO BARU . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 269 - 276. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4176
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 599-603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, R., Pratama, H., & Sanjaya, D. R. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 67-82. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i1.18926