The Influence Of The Scientific Approach On The Ability Elementary School Teachers In Delevering Science Material
DOI:
https://doi.org/10.47945/misool.v6i2.1891Keywords:
calon guru SD, Konsep pembelajaran, pemahaman sainsAbstract
Dengan adanya pembelajaran IPA ini sebagai calon guru atau guru yang akan memberikan pelajaran kepada siswa hendaklah memiliki pemahaman tentang sains secara luas agar dapat disampsikan kepada siswa melalui teori maupun prakteknya secara langsung di lapangan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif pengajar IPA di dalam perguruan tinggi dalam meningkatkan pengetahuan sains sebagai calon guru dengan menggunakan konsep pembelajaran untuk mengajar. Pentingnya penelitian ini dilakukan dikarenakan satu dari salah satu program studi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong adalah program studi IPA. Program studi ini sebelumnya belum pernah dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengajar IPA dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap sains yang dimana mereka merupakan calon pengajar atau calon guru yang akan memberikan edukasi yang baik kepada siswa yang nantinya mereka berikan pengajaran. Dalam metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis dan pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripti, Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada 5 responden, dapat kita ketahui bahwa semua responden mempunyai jawaban dari wawancara mengarah kepada hal yang positif dalam jawaban-jawaban tersebut. kelima responden tersebut merupakan mahasiswa yang berada di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sorong yang aktif dalam bangku perkuliahan. Menurut kelima responden tersebut adanya dampak yang baik jika terdapat tambahan ektrakulikuler guna memberikan pemahaman yang luas terhadap calon guru sekolah dasar.
References
Abdul, H., Nor, H. M., Maniruzzaman, A., Norazman, C., Wan, C., Jamal, S., Rosid, M., Azelee, W., Abu, W., Ali, R., Toemen, S., S, Pellerin, J. R. G. M., Ulbrich, H. H. G. J., VLACH, S. R. F. F., Ulbrich, M. N. C. C., KAWASHITA, K., White, W. M., Paulista, U. E., … Dey, S. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 26(1), 1–4.
Adlin, SE., M. (2022). Analisis Kemampuan Guru dalam Membuat dan Memanfaatkan Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 47–56.
Afandi, M. (2015). Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan, 74–88.
Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.
Endang Titik Lestari. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar.
Fatmawati, & , Ida Ermiana, I. O. (2022). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN. 6.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Fidya, F., Sihaloho, M., & Botutihe, D. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Jambura Journal of Educational …, 13, 143–149.
Juniar, R. T., Setiyadi, R., & Susanti, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 22–29.
Luluk, I., Sri, R., & Tri, W. D. (2021). Pengaruh Kemampuan Inovasi Guru Terhadap Keefektifan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Luluk. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 216–222.
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Razak, M., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 58–73.
Rikha Rahmiyati Dhani. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. 2017(1), 1–9.
Rizki Wulandari1*, Rustam Efendi2, H. S. 1. (2014). PENAKSIR RASIO REGRESI YANG EFISIEN UNTUK RATA-RATA POPULASI PADA SAMPLING ACAK SEDERHANA MENGGUNAKAN DUA KARAKTER TAMBAHAN. 1(2), 425–432.
Santosa, T. A., & Aprilisia, S. (2022). Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 92–101.
Terttiaavini, T., Fitriani, A., & Saputra, T. S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Media Pembelajaran Smart Learning Di Kabupaten Sembawa Sumatera Selatan. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), 46–51.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.