Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Implementasi Metode Jigsaw Berbantuan Canva Pada Pembelajaran Fikih Di Kelas VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong

Authors

  • Riska Latifatul Husna
  • Fuad Rahmatullah Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Jasman Kementerian Agama Kota Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/misool.v6i2.1683

Keywords:

Jigsaw method, Canva, Fikih learning, Pembelajaran, Fikih

Abstract

Low student learning outcomes result in teachers having to try to improve learning in the classroom. This study aims to improve student learning outcomes using the Jigsaw method assisted by Canva in Fikih learning in class VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong. Based on the type, this research is a class action research (PTK). This PTK consists of two cycles, each cycle consists of four stages namely planning, implementation, observation, and reflection. In this study, researchers used data collection methods namely observation, tests, and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistics interpreted in the form of narratives and graphs. The results showed that the use of the assisted Jigsaw method can improve student learning outcomes in class VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong. This can be seen in the percentage of student learning outcomes in cycle I which increased from 58% to 88%. That is, there was an increase of 30% from the pre-cycle. The student learning outcomes in cycle II also experienced a significant increase, namely from 88% to 100%. That is, there was an increase of 12% from cycle I.

References

Aminah, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Best Practice Bimbingan PTK Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah. Nizamia Learning Center.

Ananda, T. A., & Tumiran, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 12295–12306.

Arkanudin, A., Ahmad, H. B., & Asmuni, A. (2024). Tantangan dan Peluang Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 pada Mata Pelajaran Fiqh. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 188–214.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). UMM Press.

Dely, N. (2023). Meningkatkan Belajar Fiqih Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. TARBIYAH JURNAL: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1).

Fitria, R. L. Y., Hidayah, K., & Mala, A. (2024). Pengembangan Media Vipantako Materi Makanan Halal dan Haram pada Pembelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI MI/SD. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 3(4), 325–331.

Gitasmara, R. D. N., & Prastowo, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Project Based Learning (PjBL) untuk Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 15(1), 11–22.

Hamida, Z. N., & Husna, R. L. (2024). How Teachers Connect Elementary School Science Material with Students’ Local Papuan Experiences. Penelitian Ini Berupaya Untuk Mendeskripsikan Informasi Tentang Cara Guru Dalam Meghubungkan Materi Sains Sekolah Dasar Dengan Pengalaman Lokal Kepapuan Yang Dimiliki Oleh Siswa. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Deskriptif Kualitatif Dengan Sumber d, 2, 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/search.v2i1.1467

Hamri, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Negeri 1 Medan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 14–26.

Hidayah, T. N., & Filasofa, L. M. K. (2024). Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Semangat Bermain Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 805–814.

Husna RL. (2024b). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS MI.

Mahpudin, P. (2022). Upaya Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas Vii Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Gintung, Jayanti, Tanggerang, Banten. Aksioma Ad-Diniyah, 10(2). https://doi.org/10.55171/jad.v10i2.744

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Mudarris, B. (2024). Strategi Efektif dalam Manajemen Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. At-Tahsin: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–13.

Nurhosen, N., Sayyinul, S., Iskandar, R., Balqis, M., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 81–96.

Nurjannah, S. (2024). Strategi Pembelajaran PAI Kontekstual. Analysis, 2(1), 204–213.

Nurpiani, R., Anggraeni, S. R., & Farhurohman, O. (2024). Penggunaan Media Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1172–1180.

Rizkiyah, N. (2023). Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 246–250.

RL Husna. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERLITERASI PESERTA DIDIK MI ROUDLOTUS SALAFIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. NARASI, LITERASI, DAN BAHASA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI, 189–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/k8rjm

RL Husna. (2024a). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. In Harmoni Media dan Metode dalam Pembelajaran IPA (Vol. 1). https://doi.org/10.5281/zenodo.10638514

Romadhoni, A. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1561–1569.

Sinta, R., & Fanreza, R. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Digital Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran Ibadah Praktis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Budi Agung. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 846–853.

Sunarti, S. (2024). Transformasi Pembelajaran Digital dengan Artificial Intelligence. Jurnal Perspektif, 17(1), 85–96.

Syafi’i, A., & Bulan, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78

Syafi’i, A., & Rapi, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran: Menerapkan Model Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 52–70. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i1.470

Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DAN MADRASAH. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1556

Yusuf, M., & Parapat, I. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Al Hakimiyah Paringgonan Materi Thaharah Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Pantak: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–9.

Zafi, A. A. (2020). Pemahaman dan Penghayatan Peserta Didik tentang Ibadah dalam Pembelajaran Fiqih di MI Manafiul Ulum Gebog Kudus. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.32332/elementary.v6i1.1692

Downloads

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles