Manajemen Laboratorium Sebagai Langkah Peningkatan Mutu Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Vini Suslistya Universitas Negeri makassar
  • Grizele Mahadewi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1247

Keywords:

Assesmen, Praktikum IPA, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini bermaksud menguraikan stratgey assesmen metode praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Manajemen laboratorium memegang peranan krusial dalam meningkatkan mutu pelaksanaan praktikum ilmu pengetahuan alam. Sebuah laboratorium yang dikelola dengan baik memastikan ketersediaan fasilitas dan peralatan yang mendukung, serta pengelolaan sumber daya manusia yang terlatih dan terkoordinasi. Dengan manajemen yang efektif, setiap sesi praktikum dapat berlangsung lancar, aman, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, manajemen yang baik juga memfasilitasi evaluasi berkelanjutan dan feedback yang konstruktif, memungkinkan penyesuaian dan peningkatan kontinu dalam pelaksanaan praktikum. Dengan demikian, manajemen laboratorium yang optimal tidak hanya meningkatkan efektivitas praktikum tetapi juga menjamin kualitas pembelajaran yang diterima siswa, membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk masa depan.

References

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dalam Pembelajaran Ipa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) / Sekolah Dasar (Sd). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110

Djalo, A., Missa, H., Ndukang, S., & ... (2023). Pelatihan Penyusunan Panduan Praktikum Materi IPA Bagi Guru IPA SMPN 2 Oelpuah Kupang Tengah. Jurnal Pengabdian …. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1050

Ernawati, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis open-ended approach untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 209–220. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10632

Faradila, S. S. (2017). Analisis Kegiatan Praktikum IPA di SMPN Kota Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. repository.unp.ac.id. http://repository.unp.ac.id/13992/1/A_03_SUCI_SUKMA_FARADILA_15177040_5768_2017.pdf

Indriyana, K. M., Pujani, N. M., & ... (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/19379

Mahmudah, R. A., Akhyar, M., & Helmi, H. (2023). Peningkatan Minat Belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 23 Makassar Melalui Metode Praktikum Sederhana. JURNAL PEMIKIRAN DAN …. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/742

Muna, I. A. (2016). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum IPA di Prodi Pendidikan Guru MI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. In Kodifikasia. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=581783&val=7254&title=ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM IPA DI PRODI PENDIDIKAN GURU MI JURUSAN TARBIYAH STAIN PONOROGO

Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/

Ridwan, M., Berlian, L., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Virtual Laboratory Tema Bagaimana Tumbuhanku Bisa Hidup terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/1087

Rizaldi, D. R., Harwati, K., Fatimah, Z., & ... (2020). Pembuatan KIT sederhana rangkaian listrik dinamis sebagai produk akhir pada mata kuliah praktikum IPA. … , Sains, Geologi, Dan …. http://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/46

Subali, B., Rusdiana, D., Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 269–272. https://ifory.id/proceedings/2015/z4pZjcJkq/snips_2015_bambang_subali_09f0e760028d437a74c0970183b105d8.pdf

Subamia, I. D. P. (2015). Pengembangan perangkat praktikum berorientasi lingkungan penunjang pembelajaran IPA SMP sesuai Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/6064

Yaman, E. (2016). Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 63–71. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/50

Yunitasari, I. (2023). PRAKTIKUM IPA di SD. repo.ubibanyuwangi.ac.id. https://repo.ubibanyuwangi.ac.id/id/eprint/189/1/1. RPS PRAKTIKUM IPA SD Indah.pdf

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Suslistya, V., & Mahadewi, G. (2023). Manajemen Laboratorium Sebagai Langkah Peningkatan Mutu Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1247

Issue

Section

Articles