Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penerapan Pembelajaran Literasi Sains dan Literasi Terintegrasi Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Melalui Kegiatan KKG

Authors

  • Fazrul M. Yasin Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.47945/search.v4i`1.2223

Keywords:

Pembelajaran, literacy, Sains, KKG

Abstract

Hasil belajar siswa yang baik dapat dicapai apabila pendidik mampu memilih dan mengaplikasikan setiap model dan metode pembelajaran dikelas  sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan proses literasi. Literasi ialah suatu kemampuan yang dipandang perlu untuk direalisasikan secara komprehensif dalam proses pembelajaran karena sangat berugna bagi setiap siswa. Literasi sains merupakan pemahaman atas sains dan prosesnya serta aplikasinya dalam masyarakat, Kerangka PISA Sains menekankan bahwa penilaian bertujuan melihat sejauh mana peserta didik memahami sains dan proses terbentuknya pengetahuan yang andal untuk pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari (OECD/PISA). Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2025 dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman guru Madrasah Ibtidaiyah terhadap konsep dan penerapan literasi sains dan literasi terintegrasi dalam proses pembelajaran jenis penelitian deskriptif statistik dengan model onegroup pretest-posttest yang menggunakan kuisioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil tentang pemahaman konsep dan penerapan literasi sains dan literasi terintegrasi sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan.

References

Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) SEBAGAI KOMUNITAS BELAJAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(3), 401–407. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4173

Alfaruqi, A. Z., & Nurwahidah, N. (2025). Reflection on indonesia’s pisa scores and the 2024 madrasah teacher competency assessment results: Challenges in enhancing teacher competence. Jurnal Pendidikan IPS, 15(1), 11–19.

ARIFAH, L. A. (n.d.). Strategi penguatan literasi dalam mendukung kurikulum merdeka belajar di MI Taufiqiyah Semarang. Retrieved August 20, 2025, from https://eprints.walisongo.ac.id/26500/1/2003036051_Laila%20Ana%20Arifah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20LAILA%20ANA%20ARIFAH%20UIN%20Walisongo%20Semarang.pdf

Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641–1650.

Dewantari, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(2), 366–371.

Hopeman, T. A., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2024). Identifikasi Permasalahan Penyebab Rendahnya Nilai TIMSS dan PISA Indonesia Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kasus di Kecamatan Jampang). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 103–111. http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/166

Kafomai, B., & Ramlah, S. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MAULAFA KECAMATAN MAULAFA KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 1–8. https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.921

Khotimah, D. K., & Abdan, M. R. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 866–879.

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.

MAGHFIROH, A. (2022). Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Kajian Literasi Dan Numerasi Guru Pada Kelompok Kerja Guru Di Pekalongan [PhD Thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan]. http://etheses.uingusdur.ac.id/6345/

Shellawati, S., & Sunarti, T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). https://doi.org/10.26740/ipf.v7n3.p%p

Sukirman, S. (2020). Efektivitas kelompok kerja guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201–208.

Widayati, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiri Berbasis Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Literasi Digital, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.58

Zulfirman, R. (2022). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Jurnal Penelitian, 3(2).

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

M. Yasin, F. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penerapan Pembelajaran Literasi Sains dan Literasi Terintegrasi Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Melalui Kegiatan KKG. SEARCH: Science Education Research Journal, 4(`1), 45–51. https://doi.org/10.47945/search.v4i`1.2223