Sumber dan Penyelesaian Konflik dalam Kebijakan Penanganan Konflik di Sekolah

Authors

  • Agripina Candraningtyas UIN KHAS Jember
  • Muslimatul Afiyah
  • Mirza Gunawan Wibisono
  • Novi Nur Amalia
  • Mualimin

Keywords:

Kendala, Manajemen Konflik, Kebijakan Sekolah

Abstract

Abstrak

Konflik yang terjadi di lingkungan sekolah tidak hanya menyebabkan kendala, tetapi juga memberikan solusi dalam pelaksanaan kebijakan sekolah. Artikel ini membahas tentang sumber dan penyelesaian konflik dalam penerapan kebijakan penanganan konflik di kekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap sumber kendala dalam menerapkan kebijakan manajemen konflik di sekolah serta memberikan penyelsaian berupa solusi berbasis kebijakan yang dapat diterapkan secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, serta dengan metode pengumpulan data studi literatur. Penelitian sebelumnya yang membahas hal yang sama menunjukkan adanya kekurangan pelatihan pada tenaga pendidik dan sumber daya yang terbatas. Hasil temuan menunjukkan bahwa: Pertama, kebijakan manajemen konflik yang diterapkan di sekolah dilakukan dengan mengidentifikasi sumber-sumber konflik. Kedua, penyelesaian konflik di sekolah bisa dilakukan dengan menghindari, akomodasi, pendekatan konfrontatif, kompromi, dan kolaborasi penyelesaian masalah.

 

Kata Kunci: Kendala, Manajemen Konflik, Kebijakan Sekolah

 

Abstract

Conflicts occur in the school environment not only cause obstacles, but also provide solutions in the implementation of school policies. This article discusses the sources and resolution of conflict in the implementation of conflict management policies in schools. This research aims to identify the sources of obstacles in implementing conflict management policies in schools and provide solutions in the form of policy-based solutions that can be implemented effectively. This research is a qualitative approach, descriptive research, and literature study data collection method. Previous research that discussed the same issue showed a lack of training for educators and limited resources. The findings show that: First, the conflict management policy implemented in schools is done by identifying the sources of conflict. Second, conflict resolution in schools can be done by avoidance, accommodation, confrontational approach, compromise, and collaborative problem solving.

 

Keywords: Obstacles, Conflict Management, School Policy

Downloads

Published

2024-12-18