MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS STIT YAPIS MANOKWARI
Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, perguruan tinggi swasta, kelembagaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis manajemen pendidikan Islam di perguruan tinggi swasta, khususnya di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) YAPIS Manokwari. Manajemen pendidikan Islam di perguruan tinggi swasta memiliki peran penting dalam menciptakan lembaga yang mampu mengakomodasi kebutuhan pendidikan umat Islam di daerah yang minoritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yang melibatkan observasi langsung, wawancara, serta analisis dokumen institusi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa STIT YAPIS Manokwari telah berupaya menerapkan manajemen pendidikan Islam yang komprehensif, dengan mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance) dan pendekatan partisipatif dalam pengambilan keputusan. Keterlibatan dosen, mahasiswa, serta masyarakat setempat turut menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi manajemen ini. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten dan sarana pendukung yang masih minim. Dari sisi kelembagaan, penguatan pada aspek kelembagaan dan peningkatan kualitas tenaga pendidik menjadi agenda utama untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan lembaga pendidikan ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan manajemen strategis yang berfokus pada penguatan kelembagaan, peningkatan sumber daya manusia, serta perbaikan sarana prasarana. Pengembangan sistem yang lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan eksternal dan internal juga diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan di STIT YAPIS Manokwari.Downloads
Published
2024-12-18
Issue
Section
Articles