PENERAPAN MODEL BALANCED SCORECARD DI LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA

Authors

  • Moch. Nur Syawalludin Nugroho Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Ilman IAIN Sorong
  • Rsika Ramadani Wali IAIN Sorong
  • Siti Hodijah IAIN Sorong
  • Tri Utami IAIN Sorong

Keywords:

Balanced Scorecard, educational institution performance, management strategy.

Abstract

Era globalisasi membawa berbagai perubahan besar, termasuk di bidang pendidikan di Indonesia. Lembaga pendidikan dituntut mampu menyesuaikan diri melalui penerapan sistem pengelolaan yang efektif. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan Balanced Scorecard (BSC) sebagai model peningkatan kinerja lembaga pendidikan. Kajian pustaka menunjukkan bahwa BSC telah banyak digunakan di sektor industri dan terbukti efektif dalam mengukur sekaligus meningkatkan kinerja organisasi. Namun, penerapan BSC di sektor pendidikan, khususnya di Indonesia, masih memerlukan pengkajian mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi literatur, dengan sumber data berasal dari buku, artikel, jurnal, dan publikasi daring terkait penerapan BSC pada lembaga pendidikan. Hasil penelitian menegaskan bahwa BSC memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja, baik di lembaga publik maupun swasta. Selain berfungsi sebagai alat ukur, BSC juga mendukung strategi perbaikan berkelanjutan serta peningkatan kepuasan pemangku kepentingan. Kesimpulannya, BSC memiliki potensi besar untuk meningkatkan kinerja lembaga pendidikan, namun keberhasilannya ditentukan oleh komitmen pimpinan, partisipasi stakeholder

Downloads

Published

2025-11-19