Analisis Self Efficacy Siswa Papua pada Prestasi Belajar Kelas IV SD Al-Ma’arif 1 Klabinain Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/misool.v5i2.1269Keywords:
Self Efficacy, Learning Achievement, tingkat dasarAbstract
Dalam penelitian kali ini self efikasi yang diteliti adalah efikasi diri (efikasi diri) dan prestasi belajar, khususnya pada siswa Papua yang benar-benar keturunan ayah dan ibu Papua yang ada di Kabupaten Sorong, tepatnya di SD Al-Ma'arif 1 Klabinain Kabupaten Sorong. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan peran efikasi diri siswa Papua terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, angket menggunakan skala guttman dan dokumentasi.
References
Gumanti, Dessyta, and Serli Diovani Teza. ―Analisis Tingkat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid 19.‖ Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1638–46. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.623.
Hasanah, Hairatussanu. ―Hubungan Anatar Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Siswa
SMUN 102 Jakarta Timur.‖ Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri, 2010.
Hasanah, Uswatun, nuriana rachmani Dewi, and Isnani Rosyida. ―Self-Efficacy Siswa SMP Pada
Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate ,
Evaluate , and Extend ).‖ PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2 (2019): 551–
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29053.
Hulukati, Wenny. Pengembangan Diri Siswa SMA. Gorontalo: Idea Publishing, 2016. https
://repository .ung.ac.id/get/ karya ilmiah / 569 / BUKU-PENGEMBANGAN-DIRISISWA-SMA.pdf.
Husna, R. L. (2023). Pengaruh Skill Guru Terhadap Efektivitas Belajar Peserta Didik Kelas III MI
Roudlotus Salafiyah Di Era Society 5.0. Ta'lim: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 22-27.
Husna, R. L. (2023). Strategi Gerakan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat
Baca. TARBAWIYAT, 2(01), 69-74.
Husna, Riska Latifatul, and M. Ali Masrukin. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
PESERTA DIDIK KELAS III PADA TEMATIK DI MI HASYIM ASY’ARI." Jurnal
Pendidikan Islam 12.1 (2022): 61-76.
Manab, Abdul. ―Menggagas Penelitian Pendidikan (Pendekatan Studi Kasus).‖ Tulungagung, 2016.
http://repo.uinsatu.ac.id/10158/1/Menggagas Penelitian Pendidikan %28Pendekatan Studi
Kasus%29.pdf.
Moma, La. ―Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP.‖ Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2
(2014): 88–89. https: /journal. institute pendidikan.ac.id/ index.php/ mosharafa/
article/view/mv3n2_3/234.
Nurdin, M, and R Patta. ―Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Sekolah
Dasar.‖ Seminar Nasional LP