Peran Guru Kelas Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Penyandang Disabilitas Di Sekolah Dasar Luar Biasa Inpres 73 Malaingkedi Kota Sorong

Authors

  • isra oktaviani Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Nisa Juniar Anggraini

DOI:

https://doi.org/10.47945/misool.v5i2.982

Keywords:

Pendidikan, Siswa, Penyandang Disabilitas, Percaya Diri

Abstract

Sekolah Dasar Luar Biasa yang berada di kota sorong ini mendidik peserta didiknya didasarkan pada struktur kurikulum sekolah (SDLB) tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Perubahan kondisi fisik juga berpengaruh pada rasa kepercayaan diri seorang anak, serta ketidak mampuan fisik atau mental dapat menyebabkan seseorang merasa rendah diri dan bahkan malu untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena dalam penelitian ini berfokus pada peran guru kelas untuk meningkatkan kepercayaan diri penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif penelitian ini berupa tindakan serta kata-kata dari sampel yang diamati maupun yang telah diwawancarai secara langsung yakni kepala sekolah, guru kelas dan murid Sekolah Dasar Luar Biasa Inpres 73 Malaingkedi Kota Sorong. Ada berbagai macam-macam cara untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik penyandang disabilitas, hal yang harus ditanamkan pada diri peserta didik bahwa harus berani mencoba hal baru yang bersifat positif serta selalu menjalankan ibadah danĀ  mendekatkan diri kepada Tuhan hal tersebut dapat mengajarkan peserta didik untuk selalu bersyukur atas keadaan yang mereka miliki.

References

Rizky Novri, S. M. (2021). SISTEM PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KENDARI. Well-Being: Journal of Social Welfare, II, 240-247.
KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK. (2021, APRIL KAMIS). SELAMATKAN MASA DEPAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS, LINDUNGI DAN PENUHI HAK MEREKA. Retrieved JUNI SABTU, 2023, from KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3126/selamatkan-masa-depan-anak-penyandang-disabilitas-lindungi-dan-penuhi-hak-mereka
M, M. (2018). POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU YANG MELATAR BELAKANGI KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG TUBARUNGU USIA SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 PALOPO. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, 23-28.
MUKAROMAH, S. L. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PATRANG JEMBER. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAH HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER, 6-12.
Pratiwi, J. C. (2015). SEKOLAH INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS:TANGGAPAN TERHADAP TANTANGAN KEDEPANNYA. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, 237-242.
Rizky Novri, S. M. (2021). SISTEM PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KENDARI. Well-Being: Journal of Social Welfare, II, 240-247.

Downloads

Published

2023-12-02

Issue

Section

Articles