Penerapan Proyek Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV di SDN 3 Besito
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v3i2.1764Keywords:
Pelatihan Ecoprint, Pembelajaran IPAS, Kreativitas, Totebag.Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas siswa kelas IV SDN 3 Besito pada mata pelajaran IPAS melalui Penerapan Pembelajaran berbasis Proyek Ecoprint materi Tulang daun Tumbuhan, cara mengembangkan kreativitas pada anak sekolah dasar sendiri salah satunya yaitu dengan memberikan pelatihan Proyek Ecoprint. Praktek pembuatan ecoprint secara langsung dan evaluasi kegiatan dan penerapan ecoprint di SDN 3 Besito ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas tentang proyek Ecoprint dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan Kreativitas Peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari persentasi predikat keberhasilan siswa antara lain, siswa yang mendapat predikat Sangat baik mencapai 58,33%, siswa yang mendapat predikat baik mencapai 25%, dan siswa yang mendapat predikat cukup hanya 16,67%. Keberhasilan proyek Ecoprint sangat baik mencapai 91,67% kelompok berhasil membuat Totebag Ecoprint. Pada Siklus 1 mencapai 83,33% dengan kategori baik , meningkat di Siklus 2 keberhasilan proyek Ecoprint mencapai 91,67% dengan kategori Sangat Baik. Persentase tersebut menunjukkan bahwa kegiatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa adanya dampak yang baik dalam meningkatkan Kreativitas Peserta didik Kelas IV SDN 3 Besito.
References
Adinda, S., Maulidar, & Saudah. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis EcoprintTerhadap Dimensi Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. 1(1), 17–32.
Ahmad Nur Kasan, Nurul Kusuma Dewi, I. K. (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Menggunakan Metode Praktikum membatik pada Mata Peljaran SBdP Di SDN 02 Nambang Lor. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 08, 5800–5801.
Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa Kelas IV. In Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.
Apriliani, E. K., Sudarmin, Wardani, S., Lestari, W., & Subali, B. (2024). Analisis Media Pembelajaran Ipa Ecoprint Pada Materi Bentuk Tulang Daun Tumbuhan Bagi Peserta Didik Jenjang Sd Berbasis Etnosains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 09(02), 5133–5142.
Erliansa Fatmawati, Shabrina Tsalsabela Ivanda, Firda Aisha Salsabila, Amanda Aureliya, & Dewi Puspa Arum. (2024). Wujud Pelestarian Lingkungan Melalui Penyuluhan Pembuatan Produk Totebag Ecoprint pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kedung Peluk 1. FUNDAMENTUM : Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(3), 85–90. https://doi.org/10.62383/fundamentum.v2i3.350
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Luailiya, N., Misrochah, N., Nurfiani, H., Masyaid, A., Astuti, D. M., Afifah, E., Pangestika, S. A., & Komalasari, T. (2024). Pelatihan Ecoprint dalam Mendukung Kreativitas Siswa Kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2(2), 8. https://doi.org/10.26623/jpk.v2i2.9619
Manshur, M. I., Nuraisyah, F., & Nurudin, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Totebag Sebagai Pengembangan Kreativitas Bagi Anak Sekolah Dasar. Journal of Community Services, 01(01), 26–31.
Muhammad, R. pahleviannur, Saringatun, M., & Hari, M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. CV Pradina Pustaka Grup. https://books.google.co.id/books?id=2iaIEAAAQBAJ&lpg=PT5&ots=zeVAo717M8&dq=bahwa Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan refleksi sadar yang dilakukan dalam dunia Pendidikan untuk memperbaiki dan mendapat jawaban yang konkrit. Teknik pengumpulan data
Muhassin, M., & Sulistyawati, A. (2024). Peningkatan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi Pembuatan Ecoprint bagi Siswa di Desa Sumber Agung , Kecamatan Way Sulan , Kabupaten Lampung Selatan Peningkatan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi Pembuatan Ecoprint bagi Siswa di Desa Sumber Agung , Kecamatan Way Sulan , Kabupaten Lampung Selatan. 1(1), 50–63. https://doi.org/10.70211/sakalima.v1i1.111
Nawangsari, D. A., & Suryanti, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Ecoprint Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Bagian, Bentuk Dan Fungsi Daun Siswa Kelas 4 SDN 1 Ngetal. Jpgsd, 9(10), 3529–3541.
Nurjanah, S., & Candra, I. A. I. (2024). Ecoprint Pounding: Inovasi Ramah Lingkungan dalam Pelatihan Batik di IAIN Ambon. Jurnal Abdidas, 5(4), 331–337.
Nurlaily Azizah, Akhmad Alifurizal Romli, M. Fikram Ardana, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Pelatihan Pembuatan ecoprint Untuk Mengempangkan Kreativitas Siswa pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2477–2143), 6109–6110.
Rahman, A. F., & Anggalih, N. N. (2023). Inovasi Desain Kemasan Berkelanjutan Untuk Produk Ecoprint. Desgrafia, 1(1), 157–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54860%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/download/54860/43621
Rangkuti, A. N. (2019). METODE PENDIDIKAN PENELITIAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.
Seta, D. R., Santosa, M. Y., & Andalusia, S. C. (2024). Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Tegalwangi melalui Pelatihan Digital Marketing Abstrak Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia. 5(3), 887–897.
Sukma, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1567–1578. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9702
Tania, W., & Sulistya Wardani, N. (2024). UPAYA PENINGKAKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS MELALUI PjBL PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Wirajaya, A. Y., Nisa, F., Kusumarani, A. W., Qonita, A., & Azizah, A. (2024). Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar di Desa Saradan Melalui Pelatihan Pembuatan Totebag Ecoprint. 2(7), 2729–2736.