Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video Animasi Mata Pelajaran IPAS di SDN 37 Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/search.v3i2.1798Keywords:
Pengembangan Media, Video Animasi, Ekosistem dan Rantai MakananAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan dan implementasi video pembelajaran animasi kartun untuk siswa SD. Tujuannya adalah mengevaluasi proses pengembangan media, menilai kelayakannya, dan mengetahui respons siswa. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model 4D yang mencakup tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), namun tanpa disseminate (penyebaran). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket. Media pembelajaran yang dikembangkan melewati serangkaian pengujian, mulai dari evaluasi para ahli hingga uji coba di lapangan dengan melibatkan 19 siswa kelas V SD. Hasil evaluasi menunjukkan pencapaian yang sangat baik, dengan rincian: validasi ahli media mencapai 95% (kategori sangat valid), penilaian ahli materi sebesar 90% (kategori sangat valid), dan tingkat respons pengguna sebesar 84,99% (kategori sangat praktis). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa video animasi kartun terbukti praktis sebagai media pembelajaran IPAS, terutama untuk materi Ekosistem dan Rantai Makanan.
References
Agustiningrum, I. A., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1596. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2628
Ahdar, & Nusriani. (2023). PENGARUH AUDIO VISUAL MEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA-visual Media and Students’ Interest in Learning
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alfina Lailan. (2024). PERAN_TEKNOLOGI_PENDIDIKAN_DALAM_PEMBELAJARAN. Jurnal Riset Ilmiah, 3(7).
Alga, R. K., Hsb, A. A. A., Azhara, S., Hakim, E. H., Afia, N., & Yusnaldi, E. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital: Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar Melalui Presentasi Interaktif dan Video Animasi. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(3), 200–212. https://doi.org/10.51178/ce.v5i3.2197
Dwi Yunika, F. (2023). INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0.
Firmansyah, S. R. N. K. , H. (2023). Dampak Kemajuan teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru. Journal of Islamic Education Management, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022a). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI KARTUN DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022b). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI KARTUN DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585
Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN. Surabaya: Penerbit Bintang Sutabaya.
Magdalena, I., Pratiwi, S., Pertiwi, A., Putri Damayanti, A., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 09 KAMAL PAGI. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Marliani, L. P. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. 1(2).
Mu’in. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA VIDEO DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 4(1).
Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Putu, N., Octavyanti, L., Agung, G., & Wulandari, A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 66–74. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Ridwan. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Pada Dunia Pendidikan. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 14–20.
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Indiana University.