Analisis Kemampuan Berkolaborasi Peserta Didik Kelas V MI Al-Ma’arif Kota Sorong Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47945/misool.v1i1.2342Keywords:
kolaborasi, Sekolah Dasar, Matematika, Kuantitatif, DeskriptifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berkolaborasi peserta didik kelas V sekolah dasar dalam proses pembelajaran matematika. Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting dimiliki oleh peserta didik agar mampu menghadapi tantangan dunia modern. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sumber data berupa hasil observasi terhadap 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri atas delapan indikator kemampuan kolaborasi, yaitu: (1) berbagi ide, (2) berpartisipasi dalam penyelesaian tugas, (3) mendengarkan dan menghargai pendapat teman, (4) berbagi tugas dan peran, (5) menunjukkan tanggung jawab, (6) menunjukkan inisiatif, (7) mengambil keputusan bersama, dan (8) menjaga komunikasi positif. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berbentuk persentase, dengan menghitung jumlah peserta didik yang tergolong mampu (skor 3–4) dan kurang (skor 1–2) pada setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berkolaborasi peserta didik berada pada kategori baik, dengan indikator tertinggi pada aspek tanggung jawab dan komunikasi positif, sedangkan indikator pembagian peran dan inisiatif masih tergolong rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas telah mendorong kolaborasi, namun masih perlu penguatan pada partisipasi aktif dan pembagian tanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih kolaboratif dan berpusat pada peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam pengembangan model pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif di sekolah dasar.
References
Anggraeni. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Guru Madsrasah Ibtidaiyah, 4, 1–23.
Bararah, I. (2022). Fungsi Metode terhadap Pencapaian Tujuan dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 143. https://doi.org/10.22373/jm.v12i1.13301
Dahyanti, N., Diastami, S. M., Humaira, A., Darmansah, T., Studi, P., Pendidikan, M., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Analisis Kebijakan dalam Mengatasi Problematika Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. 2.
Dharmawan, J., & Rahayu Setyaningsih, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Live Texturing Pada Pembelajaran Mewarnai Anak Usia Dini Di Paud Holistik Integratif El-Fath Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.98
Fitria, Y. F. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik. Jurnal Tarbawi STAI Al--Fithrah, 11, 25–28.
Haris, H. (2024). Perbandingan Penerapan Antara Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Kelas Iv Di Mis Madani Alauddin Kabupaten Gowa. (Vol. 15, Issue 1).
Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffi, P. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Assessment and Teaching of 21st Century Skills, 37–57. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7
Husna, R. L. (2023). Strategi Gerakan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Riska Latifatul Husna Institut Agama Islam Negeri Sorong. TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan, 2(01), 69–74. https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/download/71/36
Java, V., Miranda, Y., & Utama, C. (2022). Implementasi Metode Project Based Learning (Pjbl) Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. The Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 2025. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p11-18
Khodamoradi, A. (2024). 21st Century Skills and Literacies : Fundamental Reform Document of Education ( FRDE ) vs . P21 Framework for 21st Century Learning. Iranian Journal of Comparative Education, 2024, 7(4), 3250-3266 Research, 7(4), 3250–3266. https://doi.org/10.22034/IJCE.2024.369072.1448
Melati, P. S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Mempengaruhi Pada Hasil Evaluasi Belajar Peserta Didik. Proceedings Series of Educational Studies, 263–272. http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/7893/2339
Musyafak, M., & Subhi, M. R. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 5.0. Asian Journal of Islamic Studies and Da’wah, 1(2), 373–398. https://doi.org/10.58578/ajisd.v1i2.2109
Nachar, N. (2021). The Mann-Whitney U: A Test for Assessing Whether Two Independent Samples Come from the Same Distribution. Tutorials in Quantitative Methods for Psychology, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.20982/tqmp.04.1.p013
Nazir Karim, M., Bakar, A., Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U., & Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam, S. (2023). Konsep Implementasi Integrasi Sains Dengan Agama (Islam) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Corresponding Author. Jurnal Adzkiya, 7(1), 25–32. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz
Prasetyo, O., & Rahman, A. (2023). Analisis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Sejarah Sebagai Perbandingan Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 3(1), 56. https://doi.org/10.20527/pakis.v3i1.7831
Purwati, P., Sumardi, S., Minsih, M., Prastiwi, Y., & Rahmawati, L. E. (2022). Analysis of Students Critical Thinking Skills of 5th Grade in Mathematics Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(3), 799. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i3.8710
Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2020). Classification of Student Reasoning Skills in Solving Mathematics Problems in Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 95. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.23103
Vady Nisa Anugrah, & Rika Wulandari. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Sdn Sidotopo Wetan 1 Surabaya. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2), 2828–2842. https://doi.org/10.62281/v2i2.190
Yudianto, A., Pd, S., & Pd, M. (2025). Pendidikan di Indonesia Interdisipliner Perspektif.
Yusuf, M., Andariana, A., Abustang, P. B., Mannan, A., Ansarullah Tabbu, M. S., Qaiyimah, D., & Haris. (2023). Construction Validity Testing on Blended Learning Implementation Evaluation Instruments. E3S Web of Conferences, 400. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001007
