Vol. 4 No. 1 (2022)

Edisi ini memuat enam artikel yang membahas tema-tema strategis dalam pendidikan dasar. Artikel pertama mengkaji penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar, guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Artikel kedua membahas analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan di Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, menyoroti aspek akademik dan administratif. Artikel ketiga meneliti pembinaan akhlakul karimah melalui kegiatan salat Duha di MI Darussalam, sebagai upaya penguatan karakter religius. Artikel keempat membahas penanaman nilai kearifan lokal melalui konsep Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, yang bertujuan membangun identitas budaya dan nasionalisme sejak dini. Artikel kelima mengulas orientasi pengelolaan kelas oleh guru dalam menciptakan lingkungan belajar kondusif. Terakhir, artikel keenam mengevaluasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi membaca siswa kelas I di masa pandemi di SDI Al-Hakim Boyolangu. Seluruh kajian ini menawarkan kontribusi nyata terhadap penguatan karakter, keterampilan berpikir, pengelolaan kelas, serta adaptasi pembelajaran di era digital.
Articles
-
Higher Order Thingking Skill (HOTS) untuk Anak Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA
Abstract View: 239,
PDF Download: 27
-
Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Service Quality Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong
Abstract View: 272,
PDF Download: 11
-
Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik melalui Kegiatan Shalat Duha di MI Darussalam Kelas V
Abstract View: 158,
PDF Download: 7
-
Penanaman Nilai Kearifan Lokal Melalui Konsep Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract View: 520,
PDF Download: 118
-
Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Membaca di Masa Pandemi Kelas I SDI Al-Hakim Boyolangu
Abstract View: 217,
PDF Download: 19